Rabu, 23 Mei 2012

Interlude: KKN

Secara umum, kita bisa mengkategorikan tiga tipe KKN.

Tipe pertama adalah tipe KKN idealis. KKN ini biasanya dilakukan di tempat dimana masyarakatnya benar-benar membutuhkan bantuan education for sustainable develpomet agar bisa bertahan hidup. Lokasinya biasanya menyeramkan seperti Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Lebih Timur Lagi, Nusa Timur Tenggara Selatan Barat Daya, dan semacamnya.

Orang-orang yang mengikuti KKN ini adalah orang yang menyadari betul bahwa sebagai mahasiswa, ia memiliki kemampuan dan beban moral untuk mengabdi pada masyarakat. Ia mengemban misi pribadi untuk membawa masyarakat di daerah terpencil ke arah kesejahteraan yang berkelanjutan.

Sangat mengarukan. Patut dicontoh.

Tipe kedua adalah tipe KKN hura-hura. KKN ini tujuan utamanya liburan dan/atau nyuri waktu satu setengah bulan buat puas-puasin mesum sama pacar. Biasanya lokasinya di daerah-daerah wisata yang populer seperti di Dunia Fantasi.

Orang-orang yang mengikuti KKN ini adalah orang yang sadar betul bahwa setiap kesusahan dapat dimanfaatkan menjadi kesenangan. Mereka tidak idealis, tentunya... tapi mereka siap untuk membangun masyarakat dengan program-program yang efektif dan efisien. Nah, efisiensi menjadi kunci utama karena semakin cepat program diselesaikan... semakin banyak waktu yang tersisa buat bersenang-senang.

Engga mengharukan, tapi patut dicontoh juga. Mesum itu bagus buat kesehatan.

Nah, gw ada di tipe ketiga.

Tipe KKN "whatever maann... let's get this shit over with."

Tipe terakhir ini biasanya memilih tempat yang deket.

Program-programnya bagus tapi realistis dan affordable. Kita engga pengen-pengen amat mensejahterakan masyarakat, kita engga penge-pengen amat liburan atau nyuri waktu buat mesum, yang penting kita datang kesana... kita bikin masyarakat bahagia... kita dapet nilai A.. selesai.

Apapun tipe KKN anda... minumnya Nestle Pure Life.

Tidak ada komentar: