Kamis, 21 November 2013

Untuk Diriku Sepuluh Tahun yang Lalu

Dear Diriku,

Kalau aku tidak salah ingat saat ini kau berusia sepuluh tahun. Kau sedang duduk di kelas enam SD dan teman-teman sekelasmu sedang terpecah menjadi dua golongan yang berperang dingin.

Aku ingin memberitahu kepadamu beberapa hal tentang kehidupanmu di masa depan. Beberapa hal tentang perjalananmu yang tidak istimewa, tetapi tetap menakjubkan. Serta beberapa hal tentang kekasihmu di masa depan, yang sangat kau cintai meskipun kau tidak yakin bisa menahannya untuk selamanya.

Pertama, sebentar lagi kau akan memasuki masa puber dan krisis yang berkepanjangan. Kau akan masuk kelas Akselerasi di SMP dan percayalah padaku, keputusanmu untuk masuk kelas akselerasi akan memberikan dampak-dampak yang luar biasa. Kau akan selalu lebih muda daripada teman-teman di lingkaranmu, kau akan jatuh cinta/patah hati beberapa kali dengan orang yang lebih tua dan kau akan mengambil keputusan-keputusan buruk yang disebabkan oleh belum dewasanya jiwamu.

Tapi jangan khawatir, percayalah padaku: pada akhirnya kau akan bahagia.

Di tahun pertama SMA kau akan diteror oleh kawanan bully dikelasmu. Itu akan menjadi tahun yang menyebalkan, tetapi di tahun kedua masa pubermu akan dimulai dan kau akan tumbuh lebih tinggi dari semua kawanan bully.

Oh ya, kau tidak terlalu populer di kalangan wanita atau kalangan sosial secara umum, tapi kau akan bertemu pacar pertamamu dan mengalami masa-masa menyenangkan -sebelum kalian putus karena jarak (side note: dia cukup cantik).

Selama SMA kau akan merasa tidak bahagia, merasa gagal dan beberapa kali melakukan pemberontakan seperti tidak pulang ke rumah untuk bermain bersama teman hingga pagi dan semacamnya. Kau akan berusaha mati-matian -dengan cara yang buruk- untuk mendapatkan identitas dan menjadi keren (sidenote: kau gagal dan kau menyakiti perasaan banyak orang).

Tapi jangan khawatir, percayalah padaku: pada akhirnya kau akan bahagia.
 

Saat kuliah kau akan belajar untuk menjadi diriku -pribadi yang akhirnya bisa kau cintai dan kau banggakan. Sayangnya perjalanannya tidak mudah. Kau akan jatuh berkali-kali. Kau akan menghabiskan bulan-bulan menghisap rokok untuk menstabilkan emosi. Kau akan merasa terpuruk kedalam kali yang terdalam. Orang yang kau cintai akan memilih orang lain yang lebih kaya (dan bermuka standar) sebegitu seringnya sehingga kau mempertanyakan betapa rendahnya nilai dirimu.

Sisi terangnya, kau akan belajar tumbuh dewasa. Kau akan berteman dengan banyak orang, kau akan tumbuh menjadi orang yang (menurut dirimu sendiri) relatif tampan dan kau akhirnya bisa mendapatkan apa yang kau inginkan sejak masa puber dulu: reputasi dan popularitas.

Kau akan mengakhiri masa kuliahmu dengan berbagai kejayaan yang selalu kau inginkan: memenangi lomba, mendapat pekerjaan, memfalisitasi lahirnya BSO PR dan menyaksikan adik-adik kelasmu menjalankan lomba komunikasi nasional tersukses sepanjang sejarah UGM.

Diatas segalanya, kau akan mendapatkan pacar keduamu. Pacar yang sangat kau cintai dan membuat wanita-wanita lain di kehidupanmu sebelumnya terasa seperti skripsi yang tidak lengkap.

Selamat ya, diriku sepuluh tahun yang lalu. Sepuluh tahun lagi aku akan menyuratimu dan mari kita lihat bersama apa yang akan terjadi nanti.

Dengan Bangga,
Salman Firdaus - Dirimu 10 tahun lagi.  


Tidak ada komentar: