Rabu, 08 April 2009

UTUL UGM


Tau ga.. akhir-akhir ini gw merasa ga bisa nulis. Setiap ada di depan komputer, jari gw diem, otak gw beku, muka gw dingin, dan nenek tetangga teriak-teriak. Rasanya seperti ada sesemahluk yang datengin gw waktu tidur, trus ngambil semua inspirasi buat nulis dari otak gw. Paling banter gw cuma bisa nulis dua atau tiga kalimat, terus pas diliat lagi, gw sadar gw cuma nulis sampah.

Mungkin otak gw masih di Jakarta, tepatnya di SMA 46 kebayoran baru. Di SMA ini, gw bertarung sengit dengan soal-soal yang bisa bikin manusia biasa mendidih, yaitu soal-soal UTUL UGM. Dan karena gw manusia biasa, gw juga ikut mendidih.


Di ruangan 06, ruangan gw, terasa aroma kefrustasian, kelegaan, kekhawatiran, ketakutan, dan kegilaan dari para peserta tes yang begitu kentara. Seandainya sang pembuat soal melihat kondisi para peserta tes, pasti hati nurani sang pembuat soal bakal tersentuh dan beliau ga bakal bikin soal lagi selamanya. (jahh.. ga segitunya kali..)

Tapi yang beneran bikin gw semangat ngerjain soal-soal itu adalah adanya beberapa kursi kosong di ruangan gw. Karena kursi kosong cuma menandakan satu hal. Yaitu sang empu kursi telah sukses mengalahkan SIMAK. Ga kaya gw yang harus cukup puas dengan kata-kata, "maaf, anda belum dapat diterima di Universitas Indonesia".

Aniwei, perjalanan gw ke Jakarta lumayan seru lho.. Tadinya gw berencana ikut ujian di Jogjakarta, biar bareng sama temen-temen cewe sekelas. Tapi setelah melihat biaya yang terlalu berat, gw memutuskan ikut di Jakarta. Mau di Jakarta atau di Jogjakarta, tetep aja soalnya susah.

Trus, karena gw ga punya kendaraan pribadi, gw berencana nebeng sama seorang gadis 'menyenangkan' bernama Namigeri. Soalnya, terakhir gw ke Jakarta bareng Namigeri, perjalanan berubah menjadi sangat menyenangkan. Hal bodoh menjadi hal lucu, hal sederhana menjadi indah, hal mahal.. tetep aja mahal.

Sialnya, SMA tempat gw tes dan tempat Nami tes itu terpisah oleh jarak yang amad sangad jauh. Akhirnya, dengan harapan kecil yang tersisa, gw minta izin sama Diah agar gw bisa numpang bareng dia, karena kebetulan gw dan Diah sama-sama di SMA 46. Untungnya Diah mengizinkan, dan akhirnya gw bisa dapet tumpangan buat nyampe ke Jakarta.


Bersama dengan kakak Diah (Ibu Dwi), kakak Ipar Diah (Mario Bros), dan ponakan Diah yang masih bayi (cewe, yang langsung suka sama gw). Gw dan Diah berangkat menyongsong masa depan.

menyongsong masa depan

Sepanjang perjalanan, percakapan antara Mario Bros dengan Bu Dwi terus mendominasi suasana. Sialnya, mereka menggunakan bahasa Jawa sehingga gw sama sekali ga ngerti apa yang mereka katakan. Mereka seakan-akan terus mengulang kata 'ora', 'wis', 'anu', 'ta', dan sama sekali tidak terlihat peduli dengan gw yang mencoba menyimak pembicaraan mereka.

Loh?? Ko jadi panjang gini ceritanya?
Udah dulu ah.. cape.. Lanjutannya besok aja ya..

1 komentar:

pipis.holic mengatakan...

hee kelas 3 ya?
suksess yaa! taun depan giliranku, huhu