Minggu, 28 September 2008

Halalkah Nonton Panic at The Disco?


Ok, sebenarnya tidak ada hal khusus dari Panic at The Disco yang membuatnya berbeda. Tapi mengingat sebentar lagi akan diadakan konser ini, maka nama band inilah yang dicomot sebagai judul. ~maaf PATD….. I’m your biggest fan..~

Cukup main-mainnya!! Sebagai remaja, tentu kita mengalami dorongan kuat untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan.. mulai dari kumpul-kumpul gak jelas bersama teman-teman, merokok(?), sampai menonton konser-konser musik. Pertanyaannya, apakah hal-hal yang kita inginkan itu halal? Apa menurut islam kita diperbolehkan melakukan hal-hal itu? Itu yang akan kita bahas dalam artikel ini. Menurut pandangan Islam, halalkah menonton konser musik?

Mari kita bongkar isi dari suatu konser.. apa saja sih yang terjadi di kala suatu konser terjadi? Tentunya akan ada band yang manggung, penonton, dan aspek-aspek fisiologis lainnya.. mulai dari musik, lirik, tari, hingga busana. Bagaimana pandangan islam terhadap hal-hal tersebut?

Yang akan kita soroti pertama adalah campur-baurnya pria dan wanita dalam satu tempat, yang tentunya akan menjadi menu wajib dalam setiap konser. Menurut Islam hukum asalnya ikhtilat (campur baur) pria wanita adalah haram, kecuali ada kepentingan syar’i seperti pendidikan, muamalah dan kesehatan. Nah, apakah dalam konser musik terkandung nilai syar’i-nya? Mungkin ada, tapi tentunya kadarnya tidak akan melebihi nilai-nilai yang mudharatnya… tahukah kalian bahwa hal yang berawal dari ikhtilat bisa berakhir dengan zina?? 

Hal berikutnya yang kita akan bahas adalah lagu-lagu yang dibawakan oleh sang idola, terutama liriknya. Harus kita telaah makna dari lirik-lirik yang dilantunkan penyanyi. Karena yang perlu diwaspadai, kadang lirik-lirik tersebut mengandung kata-kata yang tidak sesuai dengan agama islam. Ada beberapa band yang liriknya mengandung kata-kata yang berbau pornografi atau hal-hal yang bertentangan dengan agama Islam, bahkan ada yang dengan ekstrem menunjukan pemujaan terhadap setan. Karena itu, akan menjadi haram hukumnya jika menonton konser band yang liriknya mengandung hal-hal yang jauh dari Islam seperti diatas.

Lalu busana sang artis yang menonjolkan aurat, sikap penonton yang histeris atau tidak, dan apakah dengan menonton konser akan meninggalkan kewajiban atau tidak, harus menjadi pertimbangan sebelum menonton konser.

Jadi, halalkan menonton konser? Halal, asalkan tidak melanggar ketentuan diatas.. ; )

Tidak ada komentar: